Pemilihan Pemerintahan Mahasiswa FISIP USU 2014 Terlaksana Damai


                
Sabtu (13/12) hasil rekapitulasi surat suara Cagub/Cawagub FISIP USU
                Setelah  tiga tahun mengalami kevakuman atas Pemerintahan Mahasiswa (Pema), dan mengalami kegagalan dalam melaksanakan Pemilihan Pemerintahan Mahasiswa (Pemira). Kini, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU) berhasil melaksanakan pemira dengan damai pada akhir  tahun 2014 ini.
                Terdapat 12 Kelompok Aspirasi Mahasiswa (KAM) dan 3 pasang calon Cagub/Cawagub yang mendaftar.  Cristian Perdana Pakpahan (Ilmu Politik 2011) dengan Tomy Tamba (Ilmu Komunikasi 2011) merupakan kandidat nomor urut satu. Berkoalisi dengan dua KAM yaitu Komunikasi dan Bhinneka. Mujahid Widian Saragih (Ilmu Politik 2011) dengan Fritz Okto Saragih (Antropologi 2012) merupakan kandidat nomor urut dua. Berkoalisi dengan  enam KAM  yaitu Raya, Society, NPP, General, Pemuda, dan Independen.  Sedangkan kandidat nomer urut tiga ialah Jefri Wanda (Ilmu Politik 2011) dengan Wiro Oktavius Ginting (Ilmu Administrasi Negara 2012). Berkoalisi dengan 4 KAM yaitu Rabbani, Negara, Bisnis, dan Sejahtera.
                Perhitungan hasil rekapitulasi surat suara untuk KAM dilaksanakan pada  Jum’at (12/12). KAM Negara unggul degan suara terbanyak sebesar 326 suara. Sedangkan perhitungan hasil rekapitulasi surat suara untuk Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dilaksanakan pada sabtu (13/12). Pasangan kandidat nomor urut 3 Jefri Wanda dengan Wiro Oktavius Ginting berhasil memperoleh suara terbanyak sebesar  876 suara dari total pemilih 2032 orang.  Adapun pasangan nomor urut satu mendapatkan 397 suara, dan pasangan nomor urut dua mendapatkan 740 suara. Selain itu juga terdapat suara tidak sah sebanyak 19 suara.
                Hasil pemira ini belum dikatakan sah oleh KPU. Masih ada tenggang waktu lima hari yaitu hingga kamis (18/12) untuk mengajukan gugatan bila terdapat kecurangan dalam pelaksanaan pemira.  Muhammad Fadlan Nasution (Kesejahteraan Sosial 2011) selaku ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengatakan bahwa KPU masih menerima kritikan maupun gugatan bagi partisipan seluruhnya bila terdapat kecurangan dalam pemira ini agar dapat di musyawarahkan. Pelaporan gugatan bisa diajukan ke KPU dengan mendatangi sekretariatan KPU yang berada di FISIP  dari hari Selasa.
                Jefri Wanda mengatakan bahwa bila keputusan KPU telah mensahkan hasil pemira ini maka ia bersama wakilnya akan segera merealisasikan apa yang menjadi Visi dan Misi mereka. Berikut ialah Visi dan Misi Jefri Wanda dengan Wiro Oktavius Ginting.
Visi :
Menciptakan Lembaga Eksekutif kampus yang memberikan kontribusi nyata, responsive, dan solid bagi mahasiswa FISIP.
Misi :
  •  Pema FISIP USU periode 2014-2015 mengupayakan internal organisasi yang solid sebagai benteng untuk mencapai tujuan utama demi terwujudnya Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  •  Menjadikan pema FISIP USU sebagai wadah persatuan seluruh HMD (Himpunan Mahasiswa Departemen) yang aspiratif, transparan, akuntabel dan humanis.
  • Menjadikan pema FISIP USU menjadi sosial kontrol yang berani mengkritisi kebijakan dan Birokrat kampus demi terwujudnya aktivitas mahasiswa yang bebas dari segala intervensi
  • Menciptakan rasa memiliki (sense of belonging) akan pema FISIP dengan melibatkan seluruh elemen kampus dalam berbuat dan membangun pema FISIP USU.
                “Sebenarnya hasil pemira ini belum disahkan oleh KPU, hanya saja hasil perhitungan suara kami lebih unggul dari dua Cagub/Cawagub lainnya. Adapun dalam waktu dekat ini hal pertama yang  akan kami lakukan ialah melaksanakan konsulidasi dan evaluasi bersama tim koalisi. Selain itu kami akan terus mengikuti perkembangan KPU perihal laporan gugatan-gugatan yang diajukan” ungkap sang Gubernur terpilih.

Share on Google Plus

About awwabiin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.